Pasar otomotif dibanjiri edisi SUV sehari-hari yang tangguh dan ringan untuk medan off-road, dan Toyota ikut ambil bagian dalam hal ini. Yaitu RAV4 Woodland Edition, versi SUV yang populer dan ada di mana-mana yang terlihat sedikit lebih siap berpetualang daripada versi yang lebih rendah.
Namun, apakah ini benar-benar peningkatan fungsional, dan apakah sepadan dengan harga sekitar $3.000 dibandingkan dengan RAV4 Hybrid LE standar? Itulah yang ingin saya cari tahu selama seminggu dengan mobil hibrida hijau dan emas ini.
Desain
Sebelum kita membahas peningkatan fungsional pada Woodland Edition, saya tergoda untuk mengatakan bahwa varian SUV RAV4 Toyota ini sepadan dengan biaya tambahan untuk skema warnanya saja. Warna itu, yang disebut Toyota sebagai Army Green, sangat cocok untuk mobil ini. Warnanya tidak sepenuhnya hijau zaitun militer karena warnanya jelas mengilap, tetapi warnanya jelas berada dalam keluarga kromatik yang sama.
Memadukannya dengan satu set velg perunggu satin adalah tindakan jenius, menghasilkan SUV yang jauh lebih berwibawa daripada selusin RAV4 lain yang mungkin Anda temukan di tempat parkir biasa. Ini adalah kombinasi warna terbaik yang tersedia di crossover Toyota saat ini, dan Anda hanya bisa mendapatkannya di edisi Woodland.
Meski begitu, RAV4 versi dasar bukanlah mesin yang buruk rupa. Meskipun tampilannya sudah mulai terlihat familiar saat ini, isyarat gayanya yang bersudut dan garis-garis yang dramatis dan menurun dari spatbor belakang hingga gril depan memberikannya tampilan aktif yang sangat cocok dengan tampilan Woodland Edition.
Pilih Woodland, dan Anda mendapatkan rak atap dengan rel standar, ditambah roda 18 inci dan ban segala medan yang melapisinya.
Di bagian dalam, suasananya tidak sedramatis di kebanyakan tempat. Kombinasi warna hijau dan dingin mendominasi pandangan Anda saat Anda mendekat, satu-satunya sentuhan khusus di bagian dalam adalah di lantai: seperangkat keset lantai segala cuaca dengan ukiran Woodland Edition di atasnya, ditambah beberapa emblem pohon pinus. Keset-keset tersebut memang memberikan peningkatan fungsional, tetapi tidak terlalu mencolok secara visual.
Bagian interior lainnya adalah barang standar, ditata dengan cermat dan menggunakan bahan yang tahan lama, tetapi tidak banyak yang menarik. RAV4 dapat menampung maksimal lima orang, dengan kursi belakang cukup untuk dua orang tetapi hanya cukup untuk tiga penumpang. Ventilasi pemanas terpisah ditambah sepasang port USB-C adalah satu-satunya kenyamanan yang tersedia bagi mereka yang duduk di belakang.
Dua kursi depan dilengkapi pemanas yang luar biasa, yang dapat diatur dengan sakelar fisik besar yang akan tetap berada di posisi apa pun saat Anda meninggalkannya terakhir kali. Jadi, jika Anda adalah tipe orang yang menginginkan bagian belakang yang selalu hangat, Anda tidak perlu menekan tombol itu setiap kali menyalakan SUV ini. Pemanas roda kemudi kurang efektif, tetapi setidaknya tetap aktif saat mobil dinyalakan.
Pelapis joknya terbuat dari kain dasar yang dihias dengan pola geometris yang menambah sedikit daya tarik visual pada interior yang gelap, meskipun pelapis langit-langit yang terang membantu. Dasbor, panel pintu, dan konsol tengah merupakan campuran vinil hitam bertekstur kulit dan plastik hitam keras, dengan beberapa goresan dan sedikit plastik perak matte di seluruh bagian.
Sekali lagi, tidak banyak yang bisa dilihat di bagian dalam, tetapi banyaknya kantong dan kompartemen penyimpanan memberikan banyak kesempatan untuk menyimpan barang, sementara jaring kargo di bagian belakang bagasi memastikan bahwa apa pun yang Anda masukkan ke dalam ruang kargo seluas 37,6 kaki kubik akan tetap di tempatnya. Kursi belakang dapat dilipat dengan pembagian 60/40, sehingga menambah volume kargo menjadi 69,8.
Selain pemanas kursi tersebut, kontrol sentuh terbatas pada sistem HVAC, yang dilengkapi beberapa kenop besar dan tebal yang asyik diputar. Ada juga kenop volume yang lebih kecil dan kenop kecil untuk beralih antara mode Eco dan Sport, tetapi hanya itu saja.
Perangkat lunak dan keamanan
Sebagian besar kontrol interior tersedia melalui layar sentuh delapan inci yang menjalankan sistem Drive Connect Toyota, yang menawarkan navigasi terintegrasi dan asisten suara. Android Auto dan Apple CarPlay juga tersedia, yang menurut saya merupakan pilihan yang jauh lebih menarik.
Kelompok pengukur memiliki serangkaian pengukur analog tradisional dengan sistem pengukur virtual digital di bagian tengah. Tampilan ini dapat disesuaikan untuk beralih melalui serangkaian pengaturan kendaraan, parameter, atau perintah navigasi jika Anda suka. Tidak ada yang istimewa di sini, tetapi semuanya berfungsi dengan sempurna.
Dalam hal keselamatan aktif, Woodland Edition dilengkapi sistem Toyota Safety Sense 2.5, yang mencakup fitur-fitur seperti pengereman darurat otomatis dengan deteksi pejalan kaki, deteksi rambu pinggir jalan, bantuan untuk tetap berada di jalur, dan kendali jelajah adaptif. Sistem jelajah adaptif bekerja dengan baik, tetapi bantuan untuk tetap berada di jalur kurang dapat diandalkan dalam pengujian saya. Sistem ini sering kali kesulitan mendeteksi marka jalan dan hanya melakukan koreksi yang sangat terlambat dan tidak jelas untuk menjaga mobil tetap di tengah jalan.
Di (dan di luar) jalan
RAV4 adalah SUV yang sederhana dan menyenangkan untuk dikendarai dalam berbagai situasi. Edisi Woodland tidak banyak mengubah formula tersebut, tetapi hanya menambahkan sedikit kemampuan tambahan. Suspensi dalam versi ini telah disetel ulang, sedikit lebih kaku dengan bump stop yang ditingkatkan, mampu menangani jalan setapak yang tampaknya menurut Toyota akan dilalui orang dengan mobil ini.
Selain itu, ada mode berkendara Trail, yang menurut Toyota membantu memaksimalkan cengkeraman, tetapi dalam pengujian saya dalam kondisi licin, saya tidak dapat mendeteksi adanya perbedaan. Roda depan selalu tampak lepas lebih dulu dan paling signifikan sebelum roda belakang mendapatkan banyak tenaga dari sistem hibrida di belakang.
Perubahan terbesar pada Woodland Edition, apa pun bentuknya, adalah apa yang dilaluinya. Ban Falken Wildpeak A/T Trail berukuran 18 inci telah dipasang di keempat sudutnya, jauh lebih besar dan lebih agresif dibandingkan ban segala musim yang biasa ditemukan pada RAV4.
Apakah ada yang membuat perbedaan dalam hal performa off-road? Peningkatan suspensi seharusnya membuat Woodland Edition mampu bertahan di medan offroad yang sedikit lebih berat, dan tidak diragukan lagi ban akan memberikan cengkeraman yang lebih baik di permukaan yang longgar.
Di jalan raya, perubahannya jelas terlihat, dengan sedikit peningkatan kebisingan jalan dan sedikit penurunan kualitas berkendara sehari-hari. Meski tidak terlalu keras, Woodland Edition kurang nyaman saat melewati jalan bergelombang dan embun beku yang mengganggu jalan di dekat saya saat kita keluar dari musim dingin yang panjang. Entah itu ban, suspensi, atau kombinasi keduanya, saya tidak bisa memastikannya, tetapi jika ketenangan dan kenyamanan di jalan raya menjadi prioritas Anda, Anda mungkin ingin memilih XLE.
Dari segi tenaga, seperti pada mobil hibrida RAV4 lainnya, sistem hibrida 219 tenaga kuda di Woodland Edition lebih dari cukup, tetapi jauh dari kata mengagumkan. Mobil berakselerasi dengan lancar dan memiliki banyak tenaga untuk mengimbangi lalu lintas, ditambah respons gas yang wajar, sebagian besar berkat sistem hibrida. Namun, ketika kebanyakan orang berbelanja Toyota Hybrid, prioritas utama mereka adalah penghematan bahan bakar, dan saya tidak terpesona dengan itu.
Woodland Edition memiliki rating 38 mpg di dalam kota, 35 di jalan raya, dan 37 mpg secara keseluruhan. Dalam pengujian campuran, saya mendapatkan hasil yang jauh lebih buruk, yaitu 32,3 mpg. Sementara itu, XSE memiliki rating 39 mpg secara keseluruhan. Ban segala medan di sini tentu saja tidak membantu, begitu pula rak atap di atasnya.
Opsi dan harga
Toyota RAV4 2024 mulai dari $28.675 untuk edisi dasar LE. Untuk Edisi Woodland, Anda harus membayar minimal $34.695. Model saya menyertakan Paket Cuaca seharga $925, yang menambahkan jok berpemanas dan roda kemudi, ditambah $500 untuk warna eksterior tersebut, sehingga total harganya menjadi $37.470 setelah biaya pengiriman $1.350. Harga tersebut lebih baik dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, Subaru Forester Wilderness Edition, yang mulai dari $34.920.
Apakah mobil ini sepadan dengan tambahan $3.000 dibanding RAV4 LE hybrid? Saya tidak tahu apakah itu sepadan. Meskipun saya menghargai keinginan untuk sesuatu dengan kemampuan off-road yang lebih baik dan menyukai tampilan dan skema warnanya, saya tidak yakin bahwa penalti di jalan raya yang dikombinasikan dengan biaya tambahan itu sepadan. Beban mpg juga tampaknya tidak sepadan kecuali Anda akan sering menggunakan ban segala medan atau rak atap itu.
Secara umum, saya sarankan untuk tetap menggunakan RAV4 XLE hybrid, yang merupakan SUV yang sangat bagus dan terus menjadi yang terdepan dalam hal nilai dan penghematan. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih berkelas dan memiliki sedikit lebih banyak uang, saya tidak akan menyalahkan Anda karena tergoda oleh mobil menawan berwarna hijau dan perunggu ini.