Sejauh menyangkut kendaraan listrik, E-Tron telah ada cukup lama untuk melihat beberapa hal. Memulai debutnya pada tahun 2018, kendaraan bertenaga baterai pertama Audi adalah mobil yang hebat dalam banyak hal, tetapi juga terasa kurang dalam hal lain. Yang paling menonjol, jangkauannya berada di sisi yang lumayan dan penanganannya menjadikannya perjalanan yang menyenangkan tetapi jauh dari kesan yang mengesankan. Terakhir, muncullah nama: E-Tron. Itu tidak cocok dengan apa pun yang pernah dilakukan Audi sebelum atau sesudahnya.
Untuk tahun 2024 hadir kembali dan sekarang dinamakan Q8 E-Tron. Meskipun namanya baru, yang kini sesuai dengan taksonomi model Audi, ini sebenarnya merupakan penyegaran yang halus. Ini sangat halus sehingga Anda akan dimaafkan karena tidak dapat mengidentifikasi mobil baru dari yang lama jika mereka duduk bersebelahan. Namun, setelah mengendarai keduanya secara ekstensif, dengan senang hati saya katakan bahwa ini adalah penyegaran yang menggerakkan mobil maju ke arah yang benar – meskipun mungkin tidak cukup jauh dalam beberapa arah.
Berdasarkan angka
Q8 E-Tron, seperti sebelumnya, adalah SUV lima penumpang yang, menurut saya, lebih mirip station wagon tinggi. Tingginya yang 64,3 inci dengan mudah membagi perbedaan antara SUV Q8 biasa dan sedan A8, jadi ini benar-benar ciri khasnya.
Ini tersedia dalam tiga trim, dengan harga awal di AS hanya di bawah $75.000 untuk kelas bawah dan $85.000 untuk kelas atas. Mobil yang diuji di sini adalah trim Prestige dengan hanya beberapa opsi tambahan.
Ia memiliki sistem penggerak semua roda motor ganda yang menawarkan output sistem total 402 tenaga kuda dan torsi 490 pon-kaki. Jangkauan baterai 114 kilowatt-jam yang baru dan lebih besar adalah 285 mil per EPA, sedangkan kecepatan pengisian maksimum adalah 170 kW. Dalam pengujian saya, saya tidak mendekati peringkat EPA tersebut, dengan rata-rata paling baik 2,3 mil per kilowatt jam, dengan perkiraan 243 mil dari 106 kWh yang dapat digunakan dalam baterai baru tersebut.
Tapi jangan menentangnya. Saya melakukan semua pengujian pada bulan-bulan musim dingin, dan hasilnya sebenarnya cukup bagus mengingat suhu rendah. Bahkan EV terbaik pun tidak menyukai suhu dingin. Di musim panas, saya yakin pengemudi akan memenuhi atau melampaui angka EPA tersebut.
Lebih penting lagi, Q8 E-Tron melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memberikan perkiraan jangkauan yang akurat dan andal berdasarkan kondisi cuaca dan medan, sesuatu yang masih dihadapi oleh banyak kendaraan listrik lainnya.
Deja-Q
Julingkan, dan Anda tidak akan bisa membedakan antara Q8 dan E-Tron yang ada sebelumnya. Kenakan kacamata Anda, dan perbedaannya masih mudah untuk dilewatkan. Yang menarik pastinya ada pada facia depan yang lebih tajam, bersih, dan segar dari sebelumnya. Pencahayaan yang direvisi juga membuat Q8 E-Tron memiliki tampilan yang sedikit lebih besar dari sebelumnya.
Velg baru berukuran 20 inci juga memberikan lebih banyak intrik visual dari samping tanpa terlalu mengurangi kualitas berkendara, namun estetika visual Q8 secara keseluruhan masih sangat diremehkan. Jumlahnya berlipat ganda, berkat pilihan warna yang jelas-jelas tidak bersuara. Warna yang Anda lihat di sini, Plasma Blue, adalah yang paling dramatis, namun dengan mudah menyatu dengan palet tempat parkir rata-rata Anda.
Bahkan lebih sedikit lagi yang berubah di bagian dalam, dan itu tidak terlalu mengganggu saya. Interior E-Tron asli sangat menonjol, dan meskipun mungkin sudah familiar sekarang, interiornya tetap memberikan hasil yang benar. Itu juga masih memiliki lekukan di pintu mobil tempat kaca spion digital akan dipasang di Q8 E-Tron versi Amerika, jika legal. Lima tahun setelah peluncuran E-Tron yang asli, mereka masih belum melakukannya.
Meskipun sebagian besar berwarna gelap dan didominasi oleh karet dengan sentuhan lembut dan banyak bahan yang lebih keras dan keras, tampilannya bersih, dan semuanya terasa tahan lama. Potongan kayu berpori terbuka di dasbor, meskipun desaturasi dan masih tidak memberikan banyak suar visual, setidaknya menambah daya tarik organik pada ruangan yang seharusnya terlalu dingin. (Kulit coklat juga ditawarkan, begitu juga dengan kulit putih pucat.)
Antarmuka utamanya adalah sepasang layar sentuh yang ditumpuk secara vertikal. Yang lebih rendah terutama didedikasikan untuk kontrol HVAC dan fitur lain seperti integrasi rumah pintar, pengisian daya, dan kontrol penurunan bukit.
Layar sentuh di atas adalah yang lebih penting dari keduanya, tempat sebagian besar MMI Audi berada dan tempat Apple CarPlay atau Android Auto akan ditampilkan secara nirkabel jika Anda memilih untuk mengaktifkannya. Di sebelah kiri, ada Audi Virtual Cockpit Plus, ditambah dengan tampilan head-up.
Itu pasti banyak sekali tampilannya. Meskipun versi MMI ini terasa sudah ketinggalan zaman pada saat ini, pengenalan suaranya khususnya menawarkan sedikit bantuan dibandingkan dengan penawaran terbaru dari BMW atau Mercedes-Benz. Meskipun demikian, ini cepat dan mudah digunakan, dan denyut haptik yang diterima saat memilih kontrol sentuh masih merupakan hal yang menyenangkan.
Kenyamanan interior
Dengan panjang 193,5 inci, Q8 E-Tron adalah mobil besar, dan memanfaatkan volume tersebut dengan menawarkan tempat duduk yang nyaman di depan atau belakang. Di belakang, terdapat banyak ruang untuk kaki dan ruang kepala, ditambah sepasang port USB-C dan kontrol khusus untuk HVAC belakang, ditambah pemanas kursi belakang.
Kursi depan menambah ventilasi, dan meskipun pendinginannya tidak terlalu efektif, pemanas tentu saja merupakan bagian yang lebih penting, dan hal tersebut tidak mengecewakan. Namun, roda kemudi yang dipanaskan mungkin memerlukan beberapa watt lagi.
Kursi depan dapat diatur dayanya, dengan dua pengaturan memori, dan jarak pandang dari kursi pengemudi cukup baik. Bentuk pilar A mencegahnya menghalangi terlalu banyak perspektif Anda, sementara sunroof panoramik di atas membantu menjaga segala sesuatunya tampak lebih terang dan terang dibandingkan material gelap.
Secara praktis, ruang kargo sebesar 28,5 kaki kubik membuat alat berat ini sangat layak huni. Lipat kursi belakang terpisah, yang dapat diturunkan dengan menarik tuas di bagian belakang kompartemen kargo, dan Anda akan disambut dengan ruang seluas 56,4 kaki kubik. Banyak untuk perjalanan paling memanjakan ke toko-toko besar.
Drive
E-Tron yang keluar menyenangkan untuk dikendarai, tenang dan santai, tersusun cukup baik di jalan-jalan yang akan mencoba sistem suspensi terbaik. E-Tron Q8 yang telah direvisi, dengan senang hati saya katakan, tidak kehilangan satu pun hal yang berharga, meskipun pada akhirnya dapat dilupakan.
Yang ditambahkan adalah jumlah keterlibatan yang mengejutkan. Q8 E-Tron, ketika didorong dengan kuat dan dialihkan ke mode Sport, cukup menyenangkan untuk dikendarai. Tidak, kami tidak mendekati level yang ditawarkan bahkan oleh anggota keluarga RS Audi mana pun. Namun, kemudi yang direvisi dan beberapa penyesuaian suspensi yang halus membantu membuat mobil tetap bersemangat saat jalan membelok dari Anda.
Bersemangat juga bila jalan itu lurus dan sempit. Q8 E-Tron baru terasa lebih cepat dari 402 hp-nya. Untuk mendapatkan tenaga maksimal, Anda harus berada dalam mode Sport, dengan akselerasi paling tajam. Q8 E-Tron benar-benar bersemangat, sangat bersemangat sehingga Anda hanya ingin menerapkan mode itu saat Anda sendirian, jangan sampai Anda mengancam kesabaran — atau perut — orang lain di dalam mobil.
Namun, mereka tidak perlu khawatir mobilnya akan sakit karena pengereman regeneratif yang berlebihan. Seperti E-Tron lama, Q8 tidak menawarkan banyak hal. Ketuk dayung kiri beberapa kali untuk mengaktifkan regen maksimum, tetapi maksimumnya hampir tidak ada. Ketidaksukaan Audi terhadap mengemudi dengan satu pedal terus berlanjut, yang terus memalukan bagi pembeli mana pun yang memilih untuk tidak terlalu sering menginjak pedal rem.
Mengenai sistem keselamatan, Q8 E-Tron memiliki rangkaian lengkap, termasuk pengereman darurat otomatis, pemantauan titik buta dengan peringatan lalu lintas lintas belakang, dan sistem peringatan keberangkatan jalur. Itu cukup untuk membuatnya mendapatkan penghargaan IIHS Top Safety Pick+.
Namun, ketika semakin banyak pesaing yang menawarkan berkendara langsung di jalan raya, SUV ini masih menggunakan mode praktis. Sistem penjaga jalurnya juga menjadi sedikit bingung ketika mendekati jalan keluar di mana garis kanan yang dicat terpecah untuk memberi ruang bagi pintu keluar, sehingga kadang-kadang terjadi gerakan yang tidak nyaman. Namun pelayaran adaptif bekerja dengan baik, selalu mengidentifikasi dan bereaksi terhadap lalu lintas secara dini dan lancar.
Pilihan dan harga
Audi Q8 E-Tron 2024 yang Anda lihat di sini memiliki MSRP mulai $74,400, sedangkan paket Prestige menambahkan tambahan $10,400. Dibandingkan dengan Q8 E-Tron dasar, Premium Plus menambahkan sistem suara Bang & Olufsen yang lebih baik, kursi depan berventilasi, dan kamera 360. Prestise semakin meningkat dengan sistem pemijatan dasar pada jok tersebut, yang kini dibalut kulit dengan spesifikasi lebih tinggi, dengan pencahayaan matriks yang ditingkatkan di bagian depan.
Mobil ini juga menghilangkan sebagian besar kromnya dengan Paket Black Optic seharga $2.000, $400 untuk tambahan airbag samping belakang, dan $595 untuk cat Plasma Blue. Tambahkan biaya tujuan $1.195, dan Anda mendapatkan harga stiker akhir $88.990.
Itu adalah mesin yang lengkap dan mewah untuk uang sebanyak itu. Sungguh, hanya jarak tempuhnya yang masih sedikit ringan dibandingkan kompetitor, setara dengan SUV Mercedes-Benz EQE yang menempuh jarak 279 mil, namun kurang dari BMW iX, yang menawarkan jarak 311 mil dengan harga yang sebanding. Namun, sebagian besar pembeli akan menganggap jarak tempuh E-Tron 285 mil sudah cukup, dan mereka juga akan menganggap Q8 sebagai SUV serba listrik yang nyaman, kelas atas, dan kini menarik.