Ini merupakan tahun yang naik turun dalam berkendara di tempat saya tinggal di Pantai Timur Amerika Serikat. Kita pernah mengalami cuaca baik dan buruk, badai angin berulang kali, dan curah hujan yang memecahkan rekor. Ketidakpastian seperti itulah yang membuat banyak sepeda motor duduk di dalam garasi, menghirup perlahan-lahan dari tetesan pengisi daya.
Kondisi ini juga merupakan kondisi yang benar-benar sempurna untuk Zero DSR-X. Saya sekarang menghabiskan satu tahun penuh hidup dengan sepeda motor listrik dual-sport ini, menempuh jarak bermil-mil sepanjang musim untuk mencari tahu apa sebenarnya motor ini. Setelah beberapa bulan pertama, saya menyebut sepeda ini sebagai mahakarya, dan sekarang, di akhir perpanjangan masa pinjaman ini, saya merasakan hal yang sama – tetapi dengan beberapa peringatan penting.
Desain
Memang baru setahun berlalu, namun menurut saya tampilan DSR-X sama menariknya dengan 12 bulan lalu. Mungkin lebih dari itu. Bentuknya yang tegak dan organik masih menjadi pemandangan yang menyenangkan bagi saya saat saya mendekatinya di tempat parkir. Jauh dari bentuk setipis silet yang biasa terlihat pada sepeda motor sport, fairing Zero yang agak bulat memberikan tampilan yang lebih bersahabat.
Saya juga masih menyukai warna hijau, rona yang agak kalem yang mencerminkan sifat alami yang sangat didambakan motor ini.
Selain daya tarik visualnya, ada banyak kepraktisan juga di sini. Kaca depan yang besar tidak memiliki tenaga tetapi sangat mudah untuk disesuaikan dengan sepasang kenopnya yang tebal sehingga Anda tidak akan keberatan jika tidak ada. Pada batas maksimumnya, kaca depan agak terlalu pendek bagi saya, sehingga menyebabkan bagian atas helm saya terbentur, namun saya duduk agak tinggi, jadi ini tidak akan menjadi masalah bagi kebanyakan orang.
Pelana, dengan tinggi 32,6 inci, awalnya terasa agak tinggi, tetapi saya segera merasa nyaman. Ini jauh lebih lebar dan lebih lembut daripada kebanyakan sepeda dengan aspirasi sport ganda, membuatnya nyaman untuk berhari-hari di atas sadel lebih lama. Dan, saat Anda perlu meregangkan kaki atau mendapatkan aliran udara ekstra di antara kedua kaki, pasak yang lebar dan kuat memudahkan Anda untuk berdiri, bahkan di tengah hujan dan lumpur.
Posisi grip yang tinggi juga memudahkan pengoperasian sepeda sambil berdiri. Ini juga membantu menjaga postur yang baik saat duduk. Satu-satunya keluhan saya dengan kontrolnya adalah tombol rocker di sebelah kiri. Ini digunakan untuk mengontrol begitu banyak fungsi — mengubah mode berkendara, pegangan berpemanas, mengatur ulang pengukur perjalanan, dll. — sehingga mudah untuk melupakan apa yang harus diketuk atau ditekan dan kapan. Rocker empat arah tidak akan terlalu membingungkan dan lebih intuitif.
Bagian favorit saya dari desainnya bahkan tidak terlihat. Ini adalah kompartemen penyimpanan besar yang terpasang di dalam tangki. Meskipun sayangnya tidak cukup besar untuk sebuah helm (setidaknya, tidak sebesar helm saya), helm ini dengan mudah menelan segala macam benda. Selama saya menggunakannya, saya telah menggunakannya untuk membawa makanan dan minuman untuk makan saat bepergian, satu galon susu almond pulang dari toko, bahkan karangan bunga.
Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menyimpan perlengkapan hujan saat tidak diperlukan atau untuk membuang sarung tangan saat sepeda diparkir menunggu Anda. Saya hanya berharap cubby menampilkan jenis penguncian sentral yang Anda temukan pada Honda Goldwing atau sepeda touring kelas atas lainnya. Kuncinya harus dibuka dengan kunci kontak, yang sering kali mengharuskan saya mematikan sepeda, menggunakan kunci tersebut untuk membuka kompartemen penyimpanan, dan kemudian menghidupkan kembali sepeda.
Di jalan
Meskipun saya hanya menghabiskan sedikit waktu untuk menjelajahi Zero ini, Zero ini terbukti patuh dan mampu dikendarai di atas kerikil dan tanah yang lepas. Meskipun ada satu set ban yang menawarkan sedikit kemampuan tapak untuk medan seperti itu.
Meskipun bobotnya sangat besar, namun penyempurnaan kontrol pada DSR-X membuatnya begitu manis untuk melaju di jalan setapak. Tanpa kopling yang selip atau girboks yang harus diatur, Anda hanya mengkhawatirkan throttle dan rem. Lebih penting lagi, Anda bebas untuk lebih menikmati perjalanan.
Saya akui saya bukan seorang pengendara trail, jadi saya tidak mendapat banyak masalah di Zero, tapi saya selalu merasa ingin dan mampu untuk bertualang.
Itu berlanjut ketika suhu turun. Genggaman berpemanas standar sangat menyenangkan di pagi hari yang dingin, dibantu oleh pelindung sikat yang menahan sebagian besar angin dari buku-buku jari Anda. Sementara itu, kaca depan dan fairing berfungsi dengan baik dalam menjaga cuaca terburuk agar tidak mengganggu Anda semua, sehingga berkendara di tengah hujan tidak akan terlalu melelahkan seperti yang terjadi pada sepeda lain.
Meski begitu, sebagian besar pengendaraan saya berada dalam kondisi kering di aspal dalam berbagai kondisi rusak, kondisi ideal untuk motor ini. Menurut saya, sistem kontrol traksi cukup halus sehingga tidak menjadi batasan, namun dengan mulus dan meyakinkan memutus tenaga saat diperlukan untuk mengurangi putaran roda yang tidak diinginkan di jalan.
Demikian pula, saya hanya merasakan ABS beberapa kali, namun terlalu mulus membuat roda tetap berputar dan membuat saya tetap tegak selama beberapa kali berhenti karena panik sepanjang tahun, menghindari satwa liar dan pengemudi liar.
Jalan bergelombang tidak banyak mengganggu ketenangan DSR-X. Setidaknya, mereka tidak melakukannya setelah saya memasang suspensi dengan benar. Sepeda itu datang kepada saya dengan terlalu banyak peredam kompresi di bagian belakang, yang membuat semuanya terasa terlalu gugup pada setiap benturan kecil. Tapi, setelah konsultasi singkat dengan manual online, saya memasang shock belakang untuk menyesuaikan berat badan saya. Semuanya lancar dari sana.
Mulus adalah saat saya paling bersenang-senang menggunakan DSR-X. Ya, ini luar biasa dalam kondisi yang kasar, tetapi sepeda terbesar Zero masih mampu melakukan tikungan dengan baik di aspal yang baru diaspal dan berkelok-kelok. Dalam kondisi seperti ini, mode berkendara Canyon menjadi favorit saya. Mode itu tidak hanya memberi Anda respons throttle maksimum dengan pergelangan tangan Anda, tetapi juga regen maksimum. Artinya Anda jarang perlu meraih tuas rem. Anda cukup menyalakan dan mematikan throttle dan mengayunkannya melalui tikungan dan belokan.
Ada lima mode on-road terpisah dan lima mode off-road lainnya, ditambah mode khusus, semuanya dapat diedit melalui aplikasi Zero. Ada banyak sekali kemampuan konfigurasi di sini, ditambah manajemen data, menjadikannya salah satu sepeda paling cerdas dan paling terhubung di luar sana. Para pecinta data akan menyukai kemampuan mengunduh detail dari setiap perjalanan. Sementara itu, para perfeksionis akan senang bisa membuat tata letak khusus pada cluster pengukur LCD lima inci.
Jangkauan dan pengisian daya
Kalau ada satu lalat di salep ini, itu kisarannya. Meskipun DSR-X mampu menempuh jarak maksimum 180 mil di dalam kota, Anda harus mengandalkan mode berkendara paling ekonomis dan menjaga kecepatan sangat rendah untuk mengelolanya. Saya mencoba dan tidak berhasil sampai di sana, setidaknya tanpa merasa seperti hambatan lalu lintas. Jika Anda hanya berkendara di jalanan perkotaan berkecepatan rendah atau merangkak di jalan setapak, Anda mungkin bisa mengatasinya.
Aku? Saya lebih sering melihat perkiraan jangkauan sekitar 140 mil, tetapi ketika saya merasa sporty (yang, sejujurnya, sering kali terjadi), saya kesulitan untuk mencapai jarak 120 mil dengan sekali pengisian daya. Itu tidak banyak. Bahkan jika Anda secara eksklusif pergi pada hari Minggu yang cerah untuk berlayar sore ke toko taco favorit Anda, Anda mungkin akan berkeringat pada indikator kisaran yang tersisa dalam perjalanan pulang.
Aku tidak pernah melakukan hal yang sangat dekat, tapi aku juga tidak merasa ingin memaksakan sesuatu. Meskipun pengisian daya cukup cepat, pengisian ulang sepeda biasanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam, yang masih terlalu lama untuk dikendarai di suatu tempat, menikmati makan siang di dekat pengisi daya, dan pulang ke rumah. Anda harus melakukan perencanaan rute yang serius dan menganggarkan banyak waktu untuk aktivitas di dekat kemacetan jika Anda ingin melakukan perjalanan darat salah satunya.
Harga dan Pilihan
Sepeda yang Anda lihat di sini dihargai $24,495, tanpa pilihan, dan sepertinya tidak diperlukan.
Namun, jika saya membelinya sekarang, mengetahui apa yang saya ketahui, saya akan tergoda oleh pengisi daya yang lebih cepat atau baterai yang lebih besar. Mampu mengisi daya lebih cepat atau melaju lebih jauh akan menjadikan motor ini sebagai sepeda touring yang benar-benar nyaman dibandingkan dengan yang lain. Satu-satunya masalah adalah memilih salah satu opsi tersebut akan mengisi kompartemen penyimpanan tangki yang terbukti sangat berguna, tetapi dengan titik pemasangan yang banyak di bagian belakang sadel, memasang satu set kotak tidak akan menjadi tugas yang berat.
Untuk model 2024, DSR/X sebenarnya lebih terjangkau, dengan harga mulai $22,995. Namun ada versi yang lebih terjangkau dengan baterai 15,6 kwh yang lebih kecil dan harga mulai $19.995.
Di akhir 12 bulan, saya masih terpikat dengan DSR-X. Jangkauannya berarti petualangan saya terbatas pada yang dekat dengan rumah, tapi kemudian saya tinggal di tempat saya tinggal karena ini adalah area yang penuh petualangan, dan Zero ini selalu siap.