Masa jabatan mantan Senator Pat Toomey di Kongres, yang dimulai pada tahun 1999 setelah ia memenangkan kursi DPR di Pennsylvania timur, secara resmi berakhir pada 3 Januari ketika sidang Senat baru dimulai.
Toomey dijelaskan pada tahun 2004 warga New York profilnya sebagai “seorang Republikan konservatif dengan kemurnian doktrin yang ketat: anti-aborsi, anti-pajak, anti-belanja (kecuali untuk pertahanan); seorang yang agresif dalam bidang fiskal, terkejut dengan defisit yang besar, seorang yang memperjuangkan pilihan sekolah, reformasi gugatan, privatisasi Jaminan Sosial, dan pemerintahan federal yang lebih kecil.” Dia tetaplah orang itu, tetapi Partai Republik telah berubah—jadi Toomey menolak mencalonkan diri kembali tahun ini.
Toomey adalah salah satu dari segelintir senator yang menaruh perhatian pada isu-isu seputar cryptocurrency. Saat dia bersiap untuk keluar dari kantor pada bulan Desember, Toomey duduk bersama AlasanEric Boehm untuk membahas topik tersebut.
T: Beberapa kolega Anda menyerukan peraturan baru mengenai mata uang kripto setelah runtuhnya platform perdagangan FTX, namun Anda tidak setuju. Mengapa?
J: Kami berhutang budi kepada setiap pelanggan untuk mengungkap penyebab ledakan FTX, dan setiap pelanggaran hukum harus dituntut secara agresif. Departemen Kehakiman dan lembaga penegak hukum lainnya harus segera menyelidiki hubungan tidak pantas antara perusahaan yang secara efektif merupakan dana lindung nilai, dan bursa yang dipercayakan menyimpan dana pelanggan. Meskipun semua faktanya belum terungkap, kita telah menyaksikan dengan jelas tindakan salah yang hampir pasti merupakan tindakan ilegal.
Namun perilaku salah yang terjadi di sini tidak spesifik pada aset dasar. Apa yang tampaknya terjadi di sini adalah kegagalan total dalam penanganan aset-aset tersebut. Saya harap kita dapat memisahkan tindakan yang berpotensi ilegal dari mata uang kripto yang sah dan inovatif.
Bagi mereka yang berpendapat bahwa episode ini membenarkan pelarangan kripto, saya meminta Anda memikirkan beberapa contoh. Krisis keuangan tahun 2008 melibatkan penyalahgunaan produk yang berkaitan dengan hipotek. Apakah kami memutuskan untuk melarang hipotek? Tentu saja tidak. Sebuah perusahaan pialang komoditas yang dijalankan oleh mantan Senator New Jersey Jon Corzine bangkrut setelah dana pelanggan—termasuk dolar AS—disalahgunakan untuk menutupi kekurangan kerugian perdagangan perusahaan tersebut. Tidak ada yang menyarankan bahwa masalahnya adalah dolar AS dan kita harus melarangnya. Dengan FTX, masalahnya bukan pada instrumen yang digunakan. Masalahnya adalah penyalahgunaan dana nasabah, salah urus, dan kemungkinan perilaku ilegal.
T: Apakah konsumen tidak perlu mengetahui bahwa mereka tidak akan kehilangan investasinya jika memutuskan untuk membeli kripto? Apakah ada peran pemerintah dalam memastikan hal tersebut?
J: Jika Kongres telah meloloskan undang-undang untuk menciptakan rezim peraturan yang terdefinisi dengan baik dengan batasan yang masuk akal, kita akan memiliki banyak bursa AS yang bersaing di sini dengan kekuatan penuh dari undang-undang tersebut. Tidak jelas apakah FTX akan ada, setidaknya dalam skalanya, jika kita memiliki pedoman domestik untuk perusahaan-perusahaan Amerika. Ketidakpedulian sepenuhnya terhadap rezim regulasi yang tepat baik oleh Kongres maupun Partai Demokrat [Securities and Exchange Commission] mungkin berkontribusi pada kebangkitan operasi seperti FTX.
Kongres dapat dan harus menawarkan pendekatan yang masuk akal untuk mengatur kegiatan-kegiatan ini di dalam negeri. Episode ini menggarisbawahi perlunya rezim peraturan yang masuk akal yang, antara lain, memastikan pertukaran terpusat memisahkan dan melindungi aset pelanggan.
Kita bisa mulai melakukan pendekatan terhadap peraturan yang masuk akal untuk mata uang kripto dengan menangani stablecoin. Ini adalah kegiatan yang bisa dianalogikan oleh rekan-rekan saya dengan produk keuangan tradisional yang sudah ada. Ada kesepakatan bipartisan yang jelas bahwa stablecoin memerlukan perlindungan konsumen tambahan. Sekarang hampir tidak ada lagi. Saya telah mengusulkan kerangka kerja untuk melakukan hal tersebut, dan saya berharap kerangka ini menjadi dasar bagi rekan-rekan saya untuk mengesahkan undang-undang yang melindungi dana pelanggan tanpa menghambat inovasi.
T: Ketika Anda meninggalkan Kongres, hal apa yang membuat Anda optimis?
J: Saya sangat optimis terhadap ketahanan ekonomi Amerika yang luar biasa. Saat saya melihat-lihat seluruh dunia, kami tidak ingin bertukar tempat dengan siapa pun demi alasan apa pun.
Wawancara ini telah diringkas dan diedit untuk gaya dan kejelasan.